Minggu, 15 September 2013


Pengertian Algoritma dan Pascal


Pengertian  Algoritma
mungkin bagi orang yang sudah berkecimung di dunia pemograman pasti sudah mengerti apa itu algoritmasaya di sini akan memberi tau bagi anda yang belum tau apa itu Algoritma.Algoritma sering diterapkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya, apakah Pengertian Algoritma itu? Berikut pembahasannya lebih mendalam. Algoritma adalah Sistim kerja komputer memiliki brainware, hardware, dan software. Tanpa salah satu dari ketiga sistim tersebut, komputer tidak akan berguna. Kita akan lebih fokus pada softwarekomputer. Software terbangun atas susunan program (silahkan baca mengenai pengertian program) dan syntax (cara penulisan/pembuatan program). Untuk menyusun program atau  syntax, diperlukannya langkah-langkah yang sistematis dan logis untuk dapat menyelesaikan masalah atau tujuan dalam proses pembuatan suatu software. Maka,Algoritma berperan penting dalam penyusunan program atau syntax  tersebut.Pengertian Algoritma adalah susunan yang logis dan sistematis untuk memecahkan suatu masalah atau untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia komputer, Algoritma sangat berperan penting dalam pembangunan suatu software. Dalam dunia sehari-hari, mungkin tanpa kita sadari Algoritma telah masuk dalam kehidupan kita.Pengertian Algoritma adalah susunan yang logis dan sistematis untuk memecahkan suatu masalah atau untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia komputer, Algoritma sangat berperan penting dalam pembangunan suatu software. Dalam dunia sehari-hari, mungkin tanpa kita sadari Algoritma telah masuk dalam kehidupan kita.Algoritma berbeda dengan Logaritma. Logaritma merupakan operasi Matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan. Contoh Logaritma seperti bc= a ditulis sebagai blog a = c (b disebut basis)
Contoh nyata Algoritma dalam kehidupan sehari-hari adalah "Cara Membuat Mie Instan". Berikut langkah-langkah cara membuat mie instan:

1.    Ambil goreng di dalam lemari yang terletak di dapur.
2.    Siapkan peralatan yang diperlukan seperti panci, gunting, piring, serta sendok dan garpu.
3.    Masukkan bumbu mie instan pada piring
4.    Hidupkan kompor, kemudian tuangkan air kurang lebih tiga gelas air ke dalam panci kemudian tunggu hingga air mendidih.
5.    Masukkan mie instan ke dalam air mendidih, lalu aduk dan tunggu hingga tiga menit.
6.    Tiriskan air di dalam panci, kemudian tuangkan mie pada piring.
7.    Aduk mie agar bumbu tercampur merata pada mie kemudian sajikan dengan keadaan hangat.

Kurang lebih di atas merupakan cara membuat mie instan. Langkah-langkah di atas juga termasuk dalam Algoritma. Jadi perlu diingat bahwa Algoritma tidak hanya diterapkan pada dunia komputasi, tetapi juga Algoritma diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan dalam dunia komputasi, contoh penggunaan Algoritma adalah dalam pembuatan program pada bahasa pemrograman seperti bahasa C, C#, dan Visual Basic. Dengan syntax pada tiap bahasa pemrograman dan Algoritma, maka akan tersusun program-program dan terlahirlah software.

Jadi intinya, Pengertian Algoritma adalah suatu langkah/urutan yang logis dan sistematis untuk pemecahan suatu masalah atau untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

 Pengertian Pascal


Pascal merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur , artinya bahasa pemrogramnnya dapat dipecah menjadi fungsi - fungsi kecil yang dapat digunakan berulang - ulang kali . Pascal pertama kali diperkenalkan oleh Niklaus Wirth pada tahun 1971 . Bahasa pemrograman ini penting untuk dipelajari karena banyak bahasa pemrograman lainnya menggunakan bahasa dasar Pascal , semisal Delphi . Oleh karena itu jika mempelajari bahasa pemrograman pascal akan sangat mudah mempelajari delhi , karena Delphi sendiri merupakan visual dari pascal sama halnya seperti Visual Basic .

Bahasa Pemrograman pascal merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional olimpiade ( TOKI ) . Oleh karena itu sangat penting mempelajari bahasa pemrograman pascal . Versi Pascal yang sangat dikenal oleh orang banyak adalah Turbo Pascal buatan Borland International yang bekerja di lingkungan sistem operasi DOS . Sampai saat ini Turbo Pascal sudah mengeluarkan TurboPascal-7.0 sedangkan Pascal sendiri sudah mencapai versi 2.4.0 . Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan di banyak sistem operasi seperti , Windows , Linux , Mac OS , dll .


pemakai, mulai dari para mahasiswa, pendidik, dan ilmuwan. Pascal merupakan suatu bahasa komputer tingkat tinggi yang dibuat sekitar tahun 1970 oleh Niklaus Wirth dan digunakan untuk pendidikan komputer. Nama Pascal diambil dari seorang ahli matematika yang bernama Blaise Pascal yang menemukan mesin hitung pertama. Bahasa Pascal dirancang untuk menyelesaikan masalah dari berbagai kalangan
Apa artinya Pascal adalah bahasa pemrogram terstruktur ?  
Pascal adalah suatu bahasa pemrograman terstruktur. Hal tersebut berarti semua program yang anda buat harus terstruktur dan teratur, dalam hal ini ada pemakaian oto dan jump.
Bagaimana Struktur program pascal yang paling sederhana ?        
Struktur program pascal yang paling sederhana adalah :

uses ...;      

var ...;        

begin

....  {Your program is here}   

end.



Contoh program pascal sederhana :


program program_pertama;
uses crt;     

begin
Clrscr;
Writeln('Saya sedang belajar Pascal !');     
Writeln('Di Lab. Komputer SMA N 1 Yogyakarta');    
end.


Bagian-bagian program dalam PASCAL
        Program heading 
Judul program dalam Turbo Pascal bersifat optional dan tidak ada pengaruhnya dalam rogram. Jika ditulis akan memberikan nama program dan suatu daftar parameter ptional dimana program itu berkomunikasi. Daftar itu terdiri dari sederetan ndentifier yang diakhiri dengan tanda kurung dan dipisahkan dengan tanda koma.
Contoh :    
Program Perhitungan(Input,Output);
        Uses Clause         
Bagian uses clause digunakan untuk menentukan library yang dibutuhkan saat proses program. LIBRARY merupakan file penyimpan subroutine yang secara berulang digunakan saat proses program. Library ini diistilahkan sebagai unit dalam Turbo PASCAL yang terdiri dari SYSTEM, OVERLAY, GRAPH, DOS, CRT yang ditempatkan dalam file TURBO.TPL.          

Contoh :
Uses Crt; (*menggunakan Unit Crt *)
        Variabel Declaration     
Setiap variabel yang digunakan dalam program harus didefinisikan terlebih dahulu sebelum digunakan. Cara penulisan ini adalah :
Var
: ;
        Statement
Bagian ini merupakan inti dari program. Seluruh perintah dan urutannya serta proses Input/Output dalam program perlu disusun secara teratur oleh penyusun program. Segala yang ada pada bagian uses maupun deklarasi merupakan pendukung terhadap isi program.
        Bagaimana membuat keterangan ?  
Untuk membuat program anda menjadi mudah dibaca dan dimengerti, maka perlu iberi keterangan yang akan diabaikan oleh kompiler. Untuk membuat keterangan unakan tanda kurawal { ini adalah keterangan }, atau (* ini adalah keterangan *).



Latihan Pemrograman 1

1.       MENGENAL VARIABEL
program mengenal_variabel;   // judul program


uses wincrt;                 // pemanggilan library (uses clause)

var
umur : shortint;             // deklarasi variabel
ket  : string;

begin
umur := 16;
ket  := 'masih childis ^_^';
writeln('*** DATA DIRI SAYA ***');        // main program (statement)
writeln;
writeln('Umur saya  : ',umur);
writeln('Keterangan : ',ket);
end.

Note : bagian  bertanda // tidak perlu ditulis.

2.         MEMBEDAKAN WRITE DAN WRITELN
program membedakan_tipe_output;

uses wincrt;

begin
writeln('*** MEMBEDAKAN WRITE DAN WRITELN ***');
writeln;
writeln('Tulisan dibawah ini saya tulis dengan WRITE');
write(' SAYA MUNCUL DISINI');
writeln;
writeln('Tulisan dibawah ini saya tulis dengan WRITELN');
writeln(' SAYA MUNCUL DISINI');
writeln('*** OW... sekarang saia jadi tau bedanya ***');
end.

3.         MENGENAL INPUT DINAMIS DENGAN READLN
program input_dinamis;

uses wincrt;

var
umur : shortint;
ket  : string;

begin
writeln(' ** MASUKKAN DATA DIRI ANDA ** ');
writeln;
writeln('Umur saya  : '); readln(umur);
writeln('Keterangan : '); readln(ket);
writeln;
writeln;
writeln(' ** DATA DIRI SAYA ** ');
writeln;
writeln('Umur saya : ',umur);
writeln('Keterangan : ',ket);
end.



Tipe Data dalam PASCAL

Dalam bahasa PASCAL dikenal dua jenis tipe data utama yaitu ordinal type dan real type. Ordinal type adalah tipe data yang digunakan untuk mereprentasikan bilangan dengan urutan pasti dan Real type adalah tipe data untuk mereprentasikan bilangan pecahan. Berikut adalah penjelasan dari kedua jenis tipe data tersebut :

1.Ordinal Type
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa tipe data Ordinal adalah type data yang digunakan untuk mereprentasikan bilangan yang mempunyai urutan pasti. Type data ini masih dibagi lagi dalam beberapa jenis yaitu :

a.Integer
Type data integer adalah type data yang digunakan untuk pengolahan data bilangan bulat. Type data ini masih dibagi lagi sesuai dengan jangkauan bilangannya. Berikut table pembagian tipe integer

b.Char
Type variabel yang berguna untuk pengolahan character ASCII, type character ini penulisannya ditandai dengan dua buah petik tunggal seperti : 'A', '3','*',#7 untuk menyatakan ' harus ditulis ''''

c.Boolean
Type varibale yang berguna untuk pengolahan hal yang hanya mempunyai dua ketentuan yaitu benar(TRUE) dan salah(FALSE) saja

2.Real Type
Type variable yang beguna untuk pengolahan data yang tidak bulat, untuk type real ini juga terbagi menjadi beberapa jenis :

Untuk pengolahan type variabel diatas di sediakan berbagai jenis operator antara lain :




Latihan Pemrograman 2

1.         Pengenalan tipe data integer
program program_bil_genap; { heading program }

uses wincrt; { library }

var {deklarasi variabel}
panjang  : integer;
lebar    : integer;
luas     : longint;
keliling : longint;

begin

{ bagian input data }
writeln('** Menghitung Luas dan Keliling Kotak **');
writeln('------------------------------------------');
write('Masukkan Panjang : ');readln(panjang);
write('Masukkan Lebar   : ');readln(lebar);
writeln;

{ rumus pencarian hasil }
luas := panjang * lebar;
keliling := 2 * (panjang + lebar);

{ bagian output data }
writeln('** Hasil Perhitungan **');
Writeln('------------------------------------------');
writeln('Luas Kotak     : ',luas);
writeln('Keliling Kotak : ',keliling);

end.



2.Pengenalan tipe data real


program program_bil_pecah;

uses wincrt;

var
pi   : real;
jar  : integer;
luas : real;

begin
pi := 3.1415;

{ bagian input data}
writeln('** Menghitung Luas Lingkaran **');
writeln('------------------------------------------');
write('Masukkan Jari-jari : ');read(jar);
writeln;

{ rumus pencarian hasil }
luas := pi * jar * jar;

{ bagian output data }
writeln('** Hasil Perhitungan **');
Writeln('------------------------------------------');
writeln('Luas Lingkaran : ',luas:2:2);

end.


3.Program dalil Phytagoras


program dalil_pytagoras;

uses wincrt;

var
a,b,c : real;

begin
writeln(' Program pytahoras ' );
writeln;
write(' Sisi Tegak = '); readln(a);
write(' Sisi Datar = '); readln(b);
c := sqrt(a*a + b*b);
writeln;
writeln(' Nilai Sisi Miring adalah : ', c:2:2);

end.



Pernyataan bercabang dengan if, else if dan case
Logika IF
Pada prinsip dasarnya logika IF digunakan untuk membuat suatu kondisi dimana komputer diminta untuk mengambil sebuah keputusan yang sesuai dengan input yang dimasukkan. Secara sederhana struktur dari logika IF adalah sebagai berikut :
If ( condition ) Then ( statement );
Condition akan bernilai true atau false tergantung dari input yang dimasukkan, dan kemudian program akan menjalankan statement sesuai kondisi yang terjadi. misal :
if x<="">
Writeln(' X lebih kecil dari Y ')
Dari contoh potongan kode diatas mungkin sudah bisa diambil sedikit gambaran mengenai logika IF. jika kondisi yang dibuat lebih dari satu jenis maka bisa dituliskan dengan cara sebagai berikut.
if x<="">
Writeln(' X lebih kecil dari Y ')

else if x>y then
writeln(' X lebih besar dari Y ')

else
writeln(' X sama dengan Y ');
Logika CASE
Logika CASE sekilas mungkin sama dengan logika IF, tapi pada dasarnya berbeda. dikarenakan logika CASE tidak menginstruksikan komputer untuk mengambil sebuah keputusan, melainkan hanya menjalankan pilihan yang kita inputkan ke dalam program. Secara sederhana jika kita membuat sebuah progam CASE berarti kita membuat sebuah program pilihan. dimana kita akan diminta memilih salah satu input dan komputer akan menjalankan program sesuai dengan input yang kita masukkan. Struktur dari program CASE adalah sebagai berikut :
Case variabel Of
    1 : Statement1;
    2 : Statement2;
    3 : Statement3;
    …
    Else StatementN;
End;



Contoh dari kode CASE
case no_hari  of
'1' : begin
      writeln('Hari senin');
      end;
'2' : begin
      writeln('Hari Selasa');
      end;
.......




Latihan Pemrograman 3
1. MENCOBA LOGIKA IF SEDERHANA
program logika_if;

uses wincrt;

var x,y : integer;

begin

write(' Tentukan nilai X : '); readln(x);
write(' Tentukan nilai Y : '); readln(y);
if x<="">
Writeln(' X lebih kecil dari Y ')
else if x>y then
writeln(' X lebih besar dari Y ')
else
writeln(' X sama dengan Y ');

end.



2. MENDETEKSI SUATU ANGKA GENAP/GANJIL DENGAN IF
program cek_angka;

uses wincrt;

var
bil : integer;

begin
write(' Tulis Bilangan Anda : '); readln(bil);

if bil mod 2 = 0 then
writeln(' Angka ', bil ,' Adalah Bilangan Genap ')

else
writeln(' Angka ', bil , ' Adalah Biangan Ganjil ');

end.



3. KOMBINASI IF DAN GOTO
program program_GOTO;

uses wincrt;

label kembali,balik;  {membuat tanda}

var
tanya : char;
x : integer;

begin
kembali:  {posisi tanda untuk kembali}

write(' Tulis Bilangan Yang Ingin Anda Kuadratkan : ');
readln(x);
writeln(' Hasil ', x,' Kuadrat = ', x * x);
writeln;

balik:  {posisi tanda untuk balik}
write(' Anda Ingin Menghitung Lagi..?(Y/T)');
readln(tanya);

if(tanya='y') OR (tanya='Y') then
goto kembali

else if (tanya='t') OR (tanya='T') then
exit

else
writeln(' Input salah');
goto balik;

end.



4. PROGRAM CASE
program prorgam_CASE;

uses wincrt;

var
nomor_hari : char;

begin
write('Masukkan Nomor HARI (1-7) : '); readln(nomor_hari);
writeln;
  case nomor_hari of

'1' : begin
      writeln(' Hari Senin ');
      end;
'2' : begin
      writeln(' Hari Selasa ');
      end;
'3' : begin
      writeln(' Hari Rabu ');
      end;
'4' : begin
      writeln(' Hari Kamis ');
      end;
'5' : begin
      writeln(' Hari Jumat ');
      end;
'6' : begin
      writeln(' Hari Sabtu ');
      end;
'7' : begin
      writeln(' HAri Minggu');
      end;
  end;

end.




Perulangan / Looping
Apa itu Looping...??
Secara sederhana looping diartikan sebagai proses berulang terhadap statement maupun serangkaian statement lebih dari satu kali. Ada tiga jenis perulangan yang dikenal dalam bahasa pemrogrman PASCAL yaitu :

1.         Perulangan dengan for-to dan down-to
2.         Perulangan dengan while dan while-do
3.         Perulangan dengan repeat-until

Perulangan dengan for-to dan down-to
Perulangan dengan for adalah jenis perulangan yang menggunakan counter maksudnya perulangan jenis ini menggunakan kelipatan satu. Yaitu perulangan naik satu (for-to) dan perulangan turun satu (down-to). Berikut adalah struktur dari perulangan menggunakan for :

For ( variabel := nilai awal ) To ( nilai akhir ) Do ( Statement );

Atau

For ( variabel := nilai awal ) DownTo ( nilai akhir ) Do ( Statement );

Dimana variabel harus ordinal type
Contoh :

Var I : Integer;
Begin
For I := 1 To 10 Do Writeln('SMAN 1 Yogyakarta');
End.


Perulangan dengan while / while-do
Pernyataan while-do atau lebih dikenal dengan pernyataan while adalah pernyataan yang akan mengulang/mengeksekusi pernyataan lain selama beberapa kondisi masih bernilai true. Berikut adalah struktur dari pernyataan while-do.

While ( condition ) Do ( Statement );

Contoh :

I := 1;
While I <= 10 Do
Begin
  Writeln('SMAN 1 Yogyakarta');
  I := I + 1;
End;


Perulangan dengan repeat-until
Perulangan menggunakan repeat until sebenarnya hampir sama dengan perulangan menggunakan while-do hanya bedanya jika menggunakan while, perulangan akan dilakukan selama kondisi bernilai benar tapi jika menggunakan repeat perulangan akan berhenti jika suatu kondisi terpenuhi. Berikut adalah struktur statement perulangan repeat-until.

Repeat
     ( Statement );
     …
Until ( Condition );

Contoh :
I := 1;
Repeat
    Writeln('SMA N 1 Yogyakarta');
    Inc(I);
Until I <= 10;

Latihan Pemrograman 4
1. PROGRAM LOOPING DENGAN FOR
program program_looping_for;

uses wincrt;

var
i,j : shortint;

begin
write(' Masukkan sebuah bilangan (dibawah 10): ');
readln(j);
writeln;
for i := 1 to j do
writeln('Kalimat ini diulang Sejumlah angka yang anda masukkan');
end.



2. PROGRAM LOOPING MENGGUNAKAN WHILE DO
program program_looping_while;

uses wincrt;
var i,j:shortint;

begin
write(' Masukkan nilai : ');
readln(j);
writeln;
I := 1;
While I <= j Do
      Begin
      Writeln('Kalimat ini diulang sejumlah nilai yang anda masukkan');
      I := I + 1;
      End;
end.



3. PROGRAM LOOPING MENGGUNAKAN REPEAT-UNTIL
program looping_dengan_repeat;

uses wincrt;
var i,j : integer;

begin
write('Masukkan sembarang angka (dibawah 10) : ');
readln(j);
writeln;

i := 0;
repeat
  writeln('Kalimat ini diulang sejumlah angka yang anda masukkan');
  i := i+1;
until i = j;

end.
                                                                                    


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar